iPhone Sering Hang Layar Sentuh Tidak Merespon? Ini Cara Mengatasinya

Tips iPhone - Salah satu bagian penting dalam smartphone adalah Layar Sentuh yang memang saat ini desainnya seluruh permukaan depan layar sentuh sehingga ketika ada masalah pada touchscreen membuat kita kebingungan. Bagi anda pengguna iPhone jika pernah mengalami Layar Sentuh iPhone Tidak Merespon tentu merupakan sesuatu masalah penting mengingat peran layar sentuh sangat krusial. Jika layar sentuh tidak berfungsi, ponsel  iPhone seolah tidak akan berfungsi. Namun, sementara layar sentuh yang tidak responsif — layar sentuh apa pun yang tidak merespons sama sekali terhadap ketukan Anda atau yang hanya merespons sesekali — dapat membuat frustrasi dan mengkhawatirkan.

 

LCD iPhone tidak respon bisa dilakukan perbaikan sederhana yang dapat anda coba sendiri untuk mengaktifkannya dan menjalankannya kembali. Layar sentuh iPhone Anda dapat berhenti berfungsi karena masalah perangkat keras atau gangguan perangkat lunak sementara. Jika layar iPhone Anda tidak merespons sentuhan, tidak menyala, sebagian tidak responsif, atau tiba-tiba membeku, tutorial ini akan membantu memperbaiki masalah. Ini berlaku untuk semua model iPhone, termasuk iPhone 6, SE, 8, X, XR, 11, 12, dan 13.

 

Kali ini kita akan menjelaskan cara memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak responsif. Jadi, apakah restart sederhana atau ada cara lain? berikut cara memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak responsif. Beberapa masalah yang berkaitan dengan layar sentuh diantaranya:

  • Layar iPhone tidak merespons sentuhan
  • Layar iPhone tidak responsif, hang meskipun ditekan tombol
  • Layar iPhone tiba-tiba berhenti bekerja padahal sebelumnya tidak ada masalah
  • Layar Sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian, hanya atas atau hanya bagian bawah layar
  • Layar iPhone kadang respon kadang tidak
  • Layar sentuh iPhone bergerak sendiri
  • Layar sentuh tidak pas dengan sentuhan

Sebelumnya kita pernah bahas masalah layar iPhone diantaranya:

Kenapa Layar Sentuh iPhone tidak merespon

Ada beberapa penyebab dari layar sentuh iPhone tidak merespon, antara lain:

 

Software Error

Layar iPhone Anda mungkin tidak merespons sentuhan karena gangguan perangkat lunak yang muncul selama penggunaan biasa. Untungnya ini bukan masalah besar dan dapat diperbaiki dengan mudah dengan memulai ulang perangkat Anda. 

 

iPhone Hang 

Prosesor iPhone A-series Apple sangat baik. Tetapi karena terlalu banyak aplikasi intensif atau menjalankan beberapa hal secara bersamaan, iPhone Anda mungkin hang. Ini dapat menyebabkan layar iPhone tidak responsif terhadap sentuhan.

 

iPhone terlalu panas atau dingin

Apakah Anda berada di suhu ekstrim (terlalu panas atau dingin)? Jika ya, iPhone dan layar sentuhnya dapat berhenti berfungsi untuk sementara. Matikan iPhone Anda dan biarkan dingin (atau pemanasan) ke suhu normal.

 

Masalah dengan aplikasi tertentu

Terkadang layar iPhone Anda dapat berfungsi di mana saja kecuali satu atau beberapa aplikasi tertentu. Ini kemungkinan besar karena aplikasi yang salah itu dan bukan iPhone Anda.

 

Layar mengandung Air, keringat, dan minyak

Saat layar iPhone Anda basah karena air, keringat, atau minyak tubuh, itu tidak akan merespons dengan benar, mengambil input acak, dan tampak menyentuh di tempat lain di layar yang tidak Anda inginkan.

 

Tempered Glass yang jelek

Pelindung layar yang buruk dapat berdampak negatif pada layar iPhone Anda, karena itu tidak akan merespons sentuhan. Lihat kumpulan pelindung layar terbaik yang dapat Anda beli.

 

Kesing iPhone bukan ori yang buruk 

Beberapa kasing yang dirancang dengan buruk dapat menempel erat dan menekan keempat tepi layar iPhone. Karena ini, seluruh layar iPhone berhenti berfungsi. Mungkin juga hanya bagian bawah atau bagian atas layar yang tidak berfungsi karena kasus yang buruk ini.

 

Aksesori terhubung yang tidak didukung 

Perangkat penyimpanan eksternal, mouse, atau aksesori yang terhubung dapat menyebabkan masalah layar sentuh di iPhone dan iPad.

 

Sering terjatuh atau terkena benturan keras

Akhirnya, menjatuhkan iPhone Anda adalah salah satu alasan yang paling mungkin untuk tidak merespons sentuhan atau benar-benar menjadi hitam.


Cara mengatasi layar sentuh iPhone tidak Merespon


Sekarang Anda tahu beberapa alasan mengapa masalah layar sentuh dapat terjadi. Dan dengan alasan ini, Anda mungkin sudah menemukan beberapa solusi.

 

Memperbaiki iPhone tidak merespons sentuhan

Untuk membuatnya lebih mudah, berikut adalah daftar hal-hal yang harus Anda lakukan :

 

Restart Paksa

Jika layar sentuh iPhone Anda tidak berfungsi karena masalah perangkat lunak, cukup paksa restart, dan itu akan memperbaiki masalah.

Catatan: Anda juga dapat mematikannya dengan cara biasa (dengan menyeret penggeser matikan ke kanan) jika bagian atas layar iPhone Anda berfungsi atau berfungsi dengan hati-hati (seperti setelah menekan bagian kanan atas layar) . 

 

Bersihkan Layar Sentuh iPhone

Ambil kain kering yang lembut dan bersihkan layar iPhone Anda dengan lembut. Pastikan air, keringat, minyak, kotoran, dll., tidak lagi dipajang. Jika Anda baru saja menjatuhkan iPhone lama ke dalam air, segera matikan dan biarkan tidak tersentuh selama beberapa jam berikutnya.

 


Biarkan iPhone Anda menjadi dingin 

Cara terbaik untuk memungkinkan iPhone Anda mencapai suhu pengoperasian yang nyaman adalah dengan mematikannya. Jika Anda tidak dapat melakukannya, kunci perangkat dan jangan gunakan untuk sementara waktu. Setelah layar menjadi responsif lagi, tutup aplikasi yang haus daya seperti Maps dan Kamera (jika terbuka). Selanjutnya, matikan iPhone Anda dan setelah menunggu setidaknya satu menit, hidupkan kembali.

Catatan: iPhone Anda mungkin memanas secara signifikan dengan pengisi daya nirkabel dan pengisi daya cepat.

 


Hapus aksesori tambahan 

Cabut perangkat eksternal apa pun yang telah Anda sambungkan ke port Lightning iPhone atau konektor Lightning atau USB-C iPad. Setelah itu, coba gunakan layar sentuh. Jika berhasil, itu berarti kesalahan itu disebabkan karena perangkat eksternal.

 

Perbarui aplikasi 

Ketika layar sentuh iPhone Anda tidak merespons di aplikasi tertentu, itu bisa jadi karena bug di aplikasi itu. Untuk memperbaikinya, perbarui dari App Store. Anda juga dapat menghubungi pengembang aplikasi untuk memberi tahu mereka tentang masalah tersebut.

Catatan: Beberapa aplikasi video memiliki tombol kunci yang mencegah sentuhan yang tidak perlu di layar. Apakah Anda mengaktifkan dan melupakannya!


Perbarui ke versi iOS terbaru 

Layar sentuh iPhone Anda mungkin berperilaku tidak menentu karena bug perangkat lunak. Cara mudah dan andal untuk mengatasi ini adalah dengan memperbarui iPhone Anda ke versi iOS terbaru yang tersedia. Buka Pengaturan iPhone > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh dan Instal. 


 

 

Lepas Casing bukan bawaan dan Tempered Glass

Bisa jadi layar iPhone Anda bekerja dengan baik dengan pelindung layar yang Anda gunakan, tetapi tiba-tiba berhenti responsif. Lepaskan pelindung layar, lalu coba gunakan iPhone. Demikian pula, lepaskan casing jika menyentuh tepi layar iPhone dan menekannya.

 

Setel ulang semua pengaturan ke default 

Apakah layar iPhone Anda berfungsi sebagian? Jika ya, sebelum pindah ke pengaturan ulang pabrik (yang merupakan langkah besar), coba atur ulang semua pengaturan iPhone dan lihat apakah itu memperbaiki masalah atau tidak.

 

Factory Reset

Terakhir, jika tidak ada yang membantu, satu-satunya pilihan Anda (sebelum pemeriksaan perangkat fisik di Apple Store) adalah menghapus iPhone dan memasangnya kembali.

Terkait: Membuat cadangan iPhone penting sebelum menghapusnya
 

Dalam sebagian besar kasus penurunan yang parah, Anda harus menghubungi Service Center iPhone atau pusat layanan resmi untuk menyelesaikan masalah. Tidak ada solusi lain yang dapat memperbaiki masalah perangkat keras seperti layar sentuh yang retak atau rusak secara internal.

Catatan: Layar iPhone Anda mungkin tidak berfungsi setelah terjatuh, meskipun tidak ada retakan yang terlihat di bagian luar. IPhone 6s Plus saya jatuh dari tempat tidur saya di lantai yang keras beberapa tahun yang lalu. Saya mengambilnya di pagi hari dan terus menggunakannya. Semuanya tampak normal. Pada hari yang sama saya pergi untuk merekam video 10 menit dengan aplikasi Kamera. Tiba-tiba, layar iPhone menjadi kosong di tengah perekaman video. Itu menolak untuk dihidupkan. Saya segera bergegas ke pusat layanan resmi terdekat. Mereka menyimpulkan bahwa layarnya rusak.
Ganti sendiri layar iPhone Anda


Demikian beberapa cara mengatasi layar sentuh tidak respon untuk iPhone dan bisa juga untuk android yang bisa anda sesuaikan dengan smartphone anda. Salam.

Belum ada Komentar untuk "iPhone Sering Hang Layar Sentuh Tidak Merespon? Ini Cara Mengatasinya"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah