Atasi HP Xiaomi Hang (Bootloop) dan Restart Sendiri

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Tips Xiaomi - Banyak yang bingung ketika xiaomi sering hang atau bootloop. Cara mengatasi Xiaomi Restart berulang dan sering terjadi tentunya kita harus menyelidiki penyebabnya dahulu. Terjadinya bootloop atau hang kemudian diikuti restart atau tanpa sebab restart sendiri dan jika sudah standby beberapa saat akan restart sendiri terus menerus, ini yang paling parah dari penyebab hp xiaomi mati sendiri. Tetapi jika hanya sesekali restart atau ketika mengalami kinerja yang berat seperti bermain game atau mengalami panas kemudian restart maka ini masih normal.

Mengatasi Xiaomi restart sendiri seperti yang sudah disinggung di atas bahwa kita harus mengetahi penyebabnya untuk dapat mengatasi masalah yang terjadi. Ada banyak jenis hang yang bisa terjadi karena memang pada sistem operasi android memungkinkan untuk terjadinya restart demi keamanan perangkat. Jika beban terlalu kinerja terlalu berat kemungkinan bisa terjadi restart atu bootloop yang masih normal. Hal ini wajar terjadi. Tetapi jika sudah parah maka yang terjadi xiaomi restart terus setelah menyala kemudian restart lagi, atau tanpa sebab dalam keadaan standby atau tdiak dipakai terjadi restart sendiri. Nah maka pada kasus ini kita harus segera melakukan perbaikan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Untuk mengatasi beberapa kemungkinan, kita akan melakukan perbaikan sesuai dengan penyebab yang terjadi

Cara mengatasi Xiaomi Restart Sendiri

Cara mengatasi Xiaomi Restart Sendiri


Xiaomi anda terjadi restart karena kondisi seperti apa, kita harus mengetahui kronologinya. Berikut beberapa cara mengatasi Xiaomi restart sesuai dengan kasus yang terjadi :

1. Xiaomi Restart Sendiri ketika bermain Game
Nah, jika hang atau bootloop terjadi ketika bermain game atau bisa dikatakan ketika terjadi kinerja yang berat maka bisa dibilang ponsel anda normal. Yang perlu dilakukan untuk menghindari hal ini adalah :

  • Bersihkan Cache melalui pengaturan >> aplikasi >> hapus cache aplikasi yang sering digunakan
  • Sesuaikan kemampuan spek ponsel dengan game yang akan dijalankan. Jangan memaksakan game yang berat untuk spek xiaomi yang memiliki RAM terbatas
  • Ketika bermain game, tutup multitasking atau aplikasi yang terbuka lainnya agar kinerja RAM lebih ringan
  • Jika sedang bermain game offline ada baiknya matikan data selular. Jika bermain game online jangan terlalu sering membuka aplikasi lain seperti whatsapp dan lain-lain


2. Xiaomi Restart Sendiri Setelah Memasang Aplikasi Baru
Bila xiaomi sering restart sendiri tanpa sebab, cobalah ingat-ingat kapan mulai terjadi masalah ini. Jika masalah ini terjadi setelah anda menginstall atau memasang aplikasi baru, kemungkinan aplikasi baru tersebut yang menyebabkan Xiaomi restart atau bootloop. Segera hapus aplikasi tersebut.

3. Xiaomi Restart Sendiri Ketika Tidak Digunakan
Jika serin terjadi restart tetapi bukan karena memasang aplikasi baru, ada kemungkinan malware sudah masuk ke dalam sistem. Ada baiknya lakukan reset factory. Sebelum reset factory lakukan back-up atau simpan data pada kartu memory agar tidak kehilangan data karena semua data akan terhapus setelah melakukan reset. Simpan data foto, video, dokumen, dan semua file yang menurut anda penting ke dalam kartu memori atau micro SD kemudian lepas micro SD dan mulai melakukan reset.

Cara melakukan reset factory di Xiaomi


  • Matikan smartphone Xiaomi
  • Pencet dan tahan tombol Power dan Volume Up (+) secara bersamaan sampai muncul tampilan menu Mi Recovery Mode/System Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih menu Wipe & Reset. Untuk pilihan naik dan turun menggunakan tombol volume
  • Setelah memilih menu Wipe & Reset akan muncul beberapa pilihan menu. Untuk smartphone yang mengalami bootloop, fokuslah pada menu Wipe User Data dan Wipe All Data.
  • Tunggu hingga proses selesai kemudian reboot Xiaomi


Nah untuk pemilihan wipe & reset semua aplikasi yang terinstall tidak akan hilang kecuali aplikasi yang bermasalah. Tetapi jika reset ini masih belum bisa mengatasi masalah bootloop, lakukan sekali lagi dengan memiuih menu Wipe All Data.


4. Xiaomi Restart Sendiri Terus Menerus
Pada kasus ini, sudah bisa dibilang terjadi kerusakan sistem yang parah. jalan satu-satunya adalah Flashing ulang sistem operasi Android di dalam Xiaomi. Untuk melakukan flash ini ada beberapa alat dan aplikasi yang harus disiapkan diantaranya :

  • Laptop atau komputer Windows 7 ke atas
  • Kabel data Xiaomi
  • Driver Qualcomm Xiaomi
  • Aplikasi MiFlash Tools
  • Aplikasi ROM Fastboot (Sesuaikan dengan tipe Xiaomi yang digunakan)


Setelah semua peralatan telah tersedia, ikuti langkah berikut ini:

  • Install MiFlash Tools dan Driver Qualcomm pada laptop/PC. Setelah itu, restart laptop/PC.
  • Ekstrak ROM Fastboot pada laptop/PC
  • Setelah itu, buka MiFlash Tools. Pilih browse dan arahkan pada folder di mana Anda mengekstrak ROM Fastboot
  • Pada smartphone Xiaomi, tekan 3 tombol (volume up, volume down, dan power) secara bersamaan. Setelah merasakan getaran pada Xiaomi, lepas tombol volume down.
  • Anda telah masuk pada Mode Download. Setelah berhasil masuk Mode Download, maka sambungkan Xiaomi ke laptop/PC.
  •  Aplikasi MiFlash Tools secara otomatis akan detect Xiaomi. Setelah itu, pilih refresh. Pada langkah ini, akan muncul nomor device Xiaomi
  • Setelah itu, pilih menu Flash. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses flashing selesai.


Nah, pastikan Flashing ulang Xiaomi ini jangan sampai gagarl. Jika terjadi kegagalan maka bisa berakibat sistem operasi android akan rusak yang ada di dalam smartphone dan resikonya smartphone tidak bisa digunakan.

Anda juga bsia melihat beberapa kode rahasia Xiaomi yang mungkin banyak pengguna belum tahu seluruhnya. Anda bisa melihatnya di halaman Kode Rahasia Xiaomi untuk semua seri.

Jika flashing ini berhasil, asal tidak ada hardware yang rusak kemungkinan besar akan berhasil menghilangkan kebiasaan hang atau bootloop dari xiaomi yang anda miliki. Bila ragu melakukannya sendiri, anda bisa meminta dampingan teman yang mengetahui masalah Flash ponsel, atau bisa mengunjungi tempat service terdekat.

Demikian cara mengatasi Xiaomi restart sendiri atau Hang dan terjadi Bootloop. Semoga beberapa cara di atas salah satunya dapat membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone Xiaomi milik anda. Salam.







Atasi HP Xiaomi Hang (Bootloop) dan Restart Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.