Cara Mudah Cek Layar Sentuh Xiaomi

Tips Xiaomi - Adakah yang sedang mencari Cara Cek Layar Sentuh LCD Xiaomi? Semakin kepopulerannya brand satu ini, Xiaomi semakin mengembangkan inovasinya mulai dari fitur dan juga interface yang semakin canggih. Dengan berbagai pilihan fitur dengan harga yang terjangkau, Xiaomi mampu merebut hati pengguna gadget tanah air dengan produk-produk barunya. tak heran jika saat ini juga banyak Service Center Xiaomi Indonesia yang semakin banyak dibuka di beberapa kota. Hal ini juga berpengaruh pada penjualan smartphone xiaomi seken atau second yang masih banyak dicari. Masalahnya bagaimana mengecek fiturnya dan hardwarenya yang masih bagus khususnya mengecek layar?

Cara mengecek LCD di HP Xiaomi memang perlu kita ketahui baik untuk menentukan membeli hp seken atau untuk mengecek smartphone xiaomi kita apakah masih normal atau tidak. Selain Kode Rahasia di HP Xiaomi, kamu juga bisa melakukan "cek touchscreen Xiaomi" dengan mudah. Jika sebelumnya membahas mengenai Memori Internal Penuh di Xiaomi dan GPS Error di Xiaomi. Dalam fitur Xiaomi sudah disediakan cara mengecek atau kalibrasi layar untuk mengetahui apakah layar sentuh masih normal atau sudah bermasalah.

Cara Mengecek LCD di HP Xiaomi Normal atau Rusak Atau Error

Cara Mengecek LCD di HP Xiaomi Normal atau Rusak Atau Error

Untuk melakukan pengecekan layar atau LCD touchscreen ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya kita menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dengan mengunduh aplikasi untuk mengetest layar sentuh, berikut langkahnya:
  • Pertama, kita harus mengunduh aplikasi di Google Play Store, buka Playstore dan ketik "Touch Screen Test"
  • Setelah ketemu aplikasinya, install dan pasang pada hp xiaomi kita
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut
  • Saat pertama membuka akan muncul blank layar biru atau blue screen
  • Ikuti petunjuk titik putih seperti sasaran tembak, sentuhkan jari pada setiap titik untuk melakukan kalibrasi.
  • Jika layar merespon setuhan di setiap titik dengan memunculkan garis putih artinya layar normal, tetapi bila ada bagian di layar yang saat disentuh tidak muncul garis putih maka bagian tersebut layarnya atau LCD sudah tidak berfungsi.

Nah, bila ada beberapa bagian yang tidak merespon atau tidak muncul garis putih, bagaimana mengatasinya? Sebenarnya hal ini sudah kita bahas di Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian. Tetapi sedikit akan kita singgung mengenai cara memperbaikinya.

Cara kali ini cukup beresiko, untuk itu lakukan dengan hati-hati. Jangan lupa siapkan pemantik korek magnetik atau pemantik korek yang menyulut apa di ujungnya seperti ini :

cara memperbaiki touchscreen dengan korek
Jangan lupa siapkan dahulu aplikasi Touchscreen Tester yang bisa diunduh di playstore.

Langkah-langkah memperbaiki layar sentuh:
  • Buka aplikasi Touchscreen Tester setelah selesai menginstall
  • Selanjutnya akan muncul beberapa kotak-kotak pada layar, jentikkan pemantik pada masing-masing area pada permukaan layar sentuh yang dianggap error dengan ujung pemantik.
  • Jika berhasil maka layar sentuh akan bereaksi atau kotak pada aplikasi akan hilang.
  • Lakukan pada semua titik area dimana layar yang error hingga selesai
  • Kemudian jika sudah selesai, restart smartphone anda.

Sekalipun cara ini berhasil, disarankan untuk mempersiapkan budget penggantian LCD karena pada dasarnya cara ini hanya memperpanjang usia LCD saja dan LCD perlu diganti.

Satu lagi cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan reset factory atau kembali ke pengaturan awal/pabrik untuk mengetahui layar sentuh merupakan kerusakan hardware atau software. Jika setelah dilakukan reset factory masih belum sembuh penyakit error di layar sentuh berarti bisa dipastikan ada kerusakan pada layar sentuhnya.

Jika dicurigai secara Hardware, lakukan pengecekan posisi LCD terhadap dudukan pada plat PCB di handphone. Cara ini dilakukan jika ponsel anda layarnya bermasalah akibat sebelumnya terjadi sesuatu misalnya terbentur atau jatuh. Caranya :
  • Buka casing pentutup ponsel
  • Buka bagian LCD, dan lihat soket LCD nya
  • Secara visual bsia dilihat, kemungkinan soketnya bermasalah, bisa dengan menyemprotkan Contact Cleaner
  • Lihat juga LCD nya, apakah ada kecacatan fisik misalnya retak, dll. Kemungkinan besar jika secara fisik sudah rusak, ada baiknya ganti LCD baru.
Demikian cara Cek Layar Sentuh Xiaomi untuk menentukan bahwa layar masih layak atau tidak. Cara ini biasanya berguna bagi teman-teman yang ingin membeli hp xiaomi second atau bekas tapi ingin mengetahui bahwa layar normal dan tidak ada masalah ataupun cacat. Semoga cara ini bermanfaat bagi yang sedang mencari cara cek touchscreen hp xiaomi. Salam.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Cek Layar Sentuh Xiaomi"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah