Cara Mengatasi GPS (Google Maps) Bermasalah di Xiaomi (Mi3, Mi4a, Mi4c, Mi5)

 Tips Xiaomi - Apakah anda termasuk pengguna Xiaomi khususnya untuk tipe Xiaomi Mi series? Yup, banyak pengguna Xiaomi Mi series mengeluhakn mengenai Google Maps yang bermasalah. Bagaimana cara setting GPS Xiaomi Error? Mulai dari pengguna Mi3, Mi4, hingga Mi5 yang merasa bahwa Google Maps sering error dan GPS susah sekali. Bagi pengguna yang memperhatikan, ada kelemahan dari ponsel dengan fitur mewah namun harga terjangkau ini. Bahwa GPS pada Xiaomi Mi seris tidak berfungsi dengan baik. Misal saja pada Xiaomi Mi4c yang kebanyakan merasakan susahnya lock untuk lokasi pada GPS dan sering lost signal pada posisi GPS di Google Maps. Alhasil bagi pekerjaan yang sangat mengandalakan Google Maps menjadi kesulitan.

GPS xiaomi mi4 tidak akurat sebenarnya itu bukan sebuah masalah karena memang secara desain seperti itu. Dengan harga yang cukup murah dan spesifikasi yang cukup tinggi, tentunya ada hal yang diminimalis untuk segi performa. Ya, GPS atau fitur lokasi yang memungkinkan kita mengetahui keberadaan titik lokasi kita saat ini ternyata pada Xiaomi banyak yang mengeluhkan. Hal ini memang bisa dibilang hampir sebagian besar pengguna sehingga bukan smartphone yang bermasalah tetapi memang dari pabrikannya memiliki desain yang demikian. Lalu apakah bisa diatas atau diperbaiki? Jika anda merupakan orang yang bekerja mengandalkan GPS seperti misalnya ojek online atau kurir antar barang, tentunya akan menjadi problem jika GPS Xiaomi tidak akurat. Maka, ada baiknya anda mengganti smartphone anda, atau bisa juga dilakukan perbaikan dengan beberapa langkah yang akan kita bahas ini.

GPS (Google Maps) Bermasalah di Xiaomi


cara mengatasi gps xiaomi error




Ketika kita menggunakan Google Maps atau aplikasi apapun yang membutuhkan jaringan GPS, kadang selalu muncul Notifikasi searching GPS berulang-ulang. Itu adalah tanda bahwa GPS bermasalah. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja GPS. Bisa akibta hardware atau chipset yang terpasang pada smartphone memiliki kualitas yang rendah sehingga dalam menggunakan GPS akan menjadi lebih lama responnya, atau bahkan sering salah koordinat. Kadang juga delay untuk jalannya titik biru. Tetapi tidak hanya hardware, software pun menentukan munculnya masalah ini seperti adanya bug saat update aplikasi, atau memang aplikasi yang anda gunakan belum terupdate sempurna.

Terlepas dari kekurangan hardware, cobalah untuk mengikuti beberapa langkah ini untuk membantu agar system GPS bisa merespon dengan baik dan bisa sesuai dengan koordinat. Ada beberapa cara yang simpel dahulu yang perlu dilakukan, antara lain:

Seting Kalibrasi GPS Xiaomi

Sebelum menyentuh ke hal-hal lain ada baikny dilakukan kalibrasi dahulu agar memastikan bahwa smartphone xiami kita memang ada masalah pada hardware, software, atau hanya memang titiknya sudah melenceng dari realita. Cara setiing GPS xiami:

  • Matikan smartphone kemudian cabut simCard
  • Setelah cabut, nyalakan kembali smartphone, dan tunggu hingga proses starting selesai
  • Akan muncul pemberitahuan mengenai Prompt Lokasi Access, pilih Yes
  • Jika sudah, matikan kembali handphone kalian, dan masukkan kembali Simcard
  • Nyalakan kembali HP Xiaomi anda.

Jika hal ini masih membuat GPS susah, ada beberapa cara simpel lain yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Buka menu Settings dan pilih menu Advanced Settings 
  • Selanjutnya pilih Location Access
  • pada Location Mode, matikan Access my Location kemudian nyalakan kembali
Jika aplikasi yang sering bermasalah adalah Google Maps, kita juga bisa mencoba membersihkan cache dari aplikasi Google Maps kita, caranya:
  • Buka menu Settings dan pilih menu Apps
  • Cari aplikasi Google Maps dan ketuk
  • Pilih menu Storage, kemudian klik tombol Clear Cache dan Clear Data 

Cara-cara diatas merupakan cara jika memang dicurigai bahwa tidak ada kerusakan pada GPS hanya error saja. Bagaimana jika ternyata tidak bisa mengatasi masalah error GPS dengan cara diatas? kemungkinan berarti memang system yang bermasalah atau hardware bermasalah.

Jika system yang bermasalah, silakan cek update software kemudian lakukan update sofware dengan mengunduh update terbarunya. Tunggu hingga proses selesai kemudian restart. Jika hal ini membuat GPS kini akurat dan tidak bermasalah lagi, artinya masalah ada pada bug yang ada pada system.

Cara mengatasi gps problem Tidak Akurat di Xiaomi

Jika dengan update software xiaomi tetap masih tidak membuahkan hasil untuk GPS maka bisa dipastikan hardware yang menjadi penyebabnya. Bisa dari bagian IC GPS nya yang bermasalah. Jika anda sudah pengalaman untuk membongkar bisa dilakukan cara ini:
  • Buka bagian casing belakang dengan menggunakan obeng, buka semua baut, termasuk penutup rangka yang ada di atas baterai.
  • Inilah komponen yang menentukan GPS
cara seting GPS Xiaomi
semprot contact cleaner
  • Nah, kemungkinan, sebelum memutuskan untuk mengganti, cobalah untuk membersihkan dahulu dengan contact cleaner
  • Pada bagian baliknya, yang ada di balik penutupnya, gosok menggunakan ujung obeng agar kerak bisa bersih dan kemudian bersihkan dengan contact cleaner juga
cara memperbaiki google maps di Xiaomi
gosok untuk membersihkan kerak

  • Setelah itu pasang kembali penutup dan nyalakan smartphone Xiaomi.

Jika sudah, cobalah untuk menggunakan layanan GPS seperti share lokasi, atau mencoba melakukan perjalanan dengan bantuan Google Maps. Jika tepat berarti sudah selesai masalahnya, tetapi jika masih seperti sebelumnya, kemungkinan besar harus ganti hardware untuk penangkap sinyal GPS. Ada baiknya hubungi service center Xiaomi terdekat.

Jika smartphone anda menggunakan baterai tanam dan bermasalah, mungkin bisa coba cara ini Cara Mengatasi HP mati Total Baterai Tanam

Demikian beberapa cara mengatasi GPS Xiaomi error atau cara setting gps xiaomi baik untuk redmi 4x, Mi3, Mi4a, Mi4c, Mi5, atau tipe redmi lainnya. Jangan lupa untuk memberitahu kami jika ada cara yang lebih efektif sehingga bisa kita lakukan update postingan ini dan bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi GPS (Google Maps) Bermasalah di Xiaomi (Mi3, Mi4a, Mi4c, Mi5)"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah