Wednesday, June 26, 2019

Cara Memperbaiki HP Baterai Tanam yang Mati Total

Baca Juga:

Harga Android 4G dibawah 1 JutaHarga Tablet Murah
Daftar Android Murah RAM 2 GigaHarga Xiaomi Terbaru
Klinik Ponsel - Apakah hp yang mati total dengan jenis baterai tanam masih bisa diperbaiki? bagaimana mengatasi hp mati total baterai tanam? Bagi sebagian pengguna smartphone android sekarang ini kadang galau ketika inginmembeli smartphone dengan spesifikasi idamannya ataus esuai budget ternyata banyak ditawarkan smartphone dengan jenis baterai tanam. Ada rasa was-was didalamnya karena tidak bisa dicopot, begitu anggapan awalnya. Apalagi setelah membeli dan digunakan ternyata mengalami kejadian mati total dan bingung kenapa tidak menyala apakah baterai bermasalah atau ada masalah lain. Jika masalah baterai bagaimana memperbaiki hp baterai tanam mati total?

Mengatasi hp matei total baterai tanam sebenarnya berbeda-beda tergantung faktor penyebab dan jenis kerusakanya. Bisa hingga harus diganti dengan baterai baru jika memang rusaknya parah, dan bsia juga tanpa penggantian unit apapun. Memangnya hp baterai tanam bisa dicopot baterainya? Yang dimaksud non-removable atau baterai tanam adalah baterai yang tidak bisa dilepas hanya dengan buka penutup artinya tidak didesain untuk lepas dan pasang. Namun jika dibuka casingnya ya tetap bisa dilepas karena memang unit body sama baterai berbeda, dan di hubungkan oleh kabel yang biasa disebut kabel fleksibel atau sejenis socket penghubung. Nah untuk lebih jelasnya jika anda mengalami masalah baterai tanam yang menyebabkan mati total, ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Masalah lain seputar baterai:

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Baterai Tanam

cara memperbaiki hp mati total baterai tanam

Jika anda mengalami mati total, umumnya orang akan mencoba merestart dengan melepas baterai kemudian memasangnya kembali. Atau mencoba mengecas baterai yang dipelas kemudian diisi daya menggunakan charger kodok atau desktop. Jadi kadang kita akan kebingungan bila menemukan masalah serupa pada baterai tanam. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kita mengalami masalah hp android mati total baterai tanam, antara lain:

Mengatasi Baterai Tanam Mati dengan Memancing Energi

Seperti orang gagal jantung yang diberikan kejut untuk memancing kembali denyut jantung, baterai pun bisa dilakukan seperti itu. Dengan cara mengalirkan sedikit energi agar kinerja pengisian diharapkan bisa kembali normal dan bisa mengisi daya dengan normal. Anda bisa menggunakan  charging pengisi daya seperti power supply yang memiliki arus sekitar 2 atau 2,5 ampere. Atau bisa juga menggunakan power charger khusus baterai tanam yang sekarang banyak dijual.

power charger untuk baterai tanam mati total


Mengatasi Baterai Tanam Mati dengan Resystem

Jika sudah terisi beberapa persen, bisa langsung dipasangkan pada smartphone dan coba nyalakan. Bila tidak menyala berarti bukan pada baterainya melainkan faktor lain seperti system ataupun memang dari mesin handphone tersebut ada kerusakan. Jika hanya system, bisa dengan melakukan resystem atau mengisi kembali system operasi androidnya. Tetapi jika kerusakannya masalahnya pada mesin maka mau tidak mau harus diganti. Untuk melakukan pembaharuan system, anda bisa mengisi versi android yang sesuai dengan spesifikasi atau bisa juga dengan versi yang lebih baru tetapi yang compatible dengan jenis hp anda.

Nah jika dinyalakan berhasil, agar tidak terulang kembali hp android mati total baterai tanam, karena smartphone android ini menggunakan baterai tanam, ada baiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:
  • Charger hp jangan menunggu sampai baterai total atau nol persen. Usahakan agar pengisian segera dilakukan jika level baterai di bawah 15%
  • Lakukan kalibrasi baterai dahulu untuk memastikan indikator sesuai dengan kapasitas daya yang sebenarnya. Karena jika tidak dilakukan kalibrasi bisa saja tampilan berbeda dengan isi daya, misalnya pada tampilan display atau indikator menunjukkan angka 30% tetapi beberapa saat langsung mati. Hal ini kadang bukan karena baterai drop tapi hanya tampilan yang tidak sesuai dengan kapasitas asli sehingga perlu kalibrasi atau penyamaan.
  • Gunakan Charger berkualitas dalam melakukan pengisian. Jangan mengecas di sembarang tempat seperti komputer, laptop, yang hanya dicolokkan kabel data saja. Juga jangan terlalu sering mengecas baterai di mobil atau menggunakan powerbank karena belum tentu kapasitas output dari charger tersebut sesuai dengan kapasitas arus yang dibutuhkan oleh baterai

Jika akhirnya ternyata kerusakan ada pada baterainya karena tidak menyala meskipun sudah diisi daya, cobalah untuk lakukan pengecekan daya energi di dalam baterai tersebut dengan menggunakan multimeter. Jika ada ada tegangan, maka baterai masih normal tetapi jika sudah tidak ada tegangan ketika dicek, berarti memang harus ganti baterai baru. Anda tidak harus membeli baterai baru jika terlalu mahal, anda bisa catat nomer seri dan model dari baterai tersebut dan bisa mencarinya yang setara karena biasanya ada beberapa dalam satu brand menggunakan jenis baterai yang sama.

Nah, demikian Cara menghidupkan HP Baterai Tanam yang Mati Total agar bisa digunakan kembali. Semoga apa yang dipaparkan bisa membantu anda mengalami kesulitan dalam mengatasi hp mati total. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau pertanyaan, dan juga jangan sungkan berbagi solusi atau cara perbaikan jika ada cara yang lebih baik dan lebih efektif, karena akan kita tambahkan agar bisa bermanfaat bagi pembaca lain yang mengalami masalah yang sama, salam.

Cara Memperbaiki HP Baterai Tanam yang Mati Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera

0 komentar:

Powered by Blogger.