Solusi Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh di Xiaomi

Beberapa pengguna Xiaomi khususnya Xiaomi Redmi A5 sering mengeluh mengenai masalah memori penuh untuk memori internal, yang sebenarnya untuk internal sudah cukup besar yaitu 16 Gigabyte. lalu mengapa sering muncul memori internal penuh di Xiaomi? biasanya muncul pesan Ruang penyimpanan Hampir habis.Beberapa Fungsi Sistem Mungkin Tidak bekerja. atau kadang juga muncul “insufficient storage” . Hal ini kadang membuat kita panik, apalagi untuk tipe-tipe hp Xiaomi yang tidak memiliki fasilitas memori eksternal sehingga kita kadang bingung file apa yang memakan memori besar dan apa yang harus dilakukan.

Mengatasi memori penuh di hp Xiaomi redmi misalnya yang tipe lama dengan kapasitas hanya 8GB atau 16GB saja. Ketika muncul memori internal penuh, kita langsung segera melihat beebrapa file seperti gambar, video, dan juga mengecek beberapa aplikasi yang terpasang. Kita memilah-milah mana yang perlu kita hapus agar mengurangi memori. Setelah menghapus beberapa aplikasi atau video, ternyata beberapa hari kemudian muncul kembali peringatan memori penuh di android padahal tidak menambah aplikasi dan juga tidak menambah dalam menyimpan gambar. Apa yang salah?

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi

mengatasi memori penuh pada xiaomi redmi 5a
Pada dasarnya, ada beberapa data yang tidak kita butuhkan yang banyak memakan memori, seperti misalnya cache dan penggunaan setiap aplikasi, history dari beberapa penelusuran, juga media dan jenis-jenis aplikasi lain yang menyimpan cookies ketika kita menggunakannya. Jika hal ini bertumpuk, selain menghabiskan memori juga bisa menyebabkan kinerja android tidak berjalan normal dan bisa muncul "Sayangnya aplikasi Telah Terhenti" atau Force Close. Untuk itu perlu kita bersihkan demi menambah ruang kosong pada memori kita agar kinerja smartphone pun tidak berat.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu :

Membersihkan Cache di hp Xiaomi

Kadang sepele, tetapi cache yang menumpuk ketika kita tidak membersihkannya. bayangkan bila setiap aplikasi menyimpan cache ketika kita menggunakannya. Untuk itu kita perlu membersihkan dengan aplikasi cleaner. Saat ini banyak aplikasi cleaner smartphone baik yang premium ataupun yang gratis. Tetapi di Xiaomi sebenarnya sudah disediakan fitur untuk membersihkan.  Tetapi beberapa orang mungkin tidak mengetahui fungsinya. Ada beberapa cara membersihkan cache di Xiaomi :

Cleaner di Security App
  • Buka aplikasi Security pada menu
  • Kemudian pilih Cleaner
  • Tunggu hingga proses scan data sampah
  • Setelah itu muncul beberapa data yang memungkinkan untuk dihapus
  • Data tersebut semuanya adalah cache atau sampah dan history, jadi lebih baik pilih semua
  • Setelah tercentang semua klik Clean Up dan tunggu hingga muncul notifikasi No Trash yang berarti proses pembersihan selesai.
Membersihkan Cache di hp Xiaomi

Deep Clean di Security App

Beberapa fungsi dari Deep Clean adalah:
  • Mendeteksi foto yang sama sehingga kadang kita menyimpan dua foto atau mengunduh foto dan tersimpan lebih dari satu
  • Menunjukkan file yang berukuran besar sehingga bisa kita jadikan pilihan untuk menghapusnya jika memang tidak perlu aplikasi tersebut
  • Juga menunjukkan aplikasi-aplikasi yang sudah jarang digunakan sehingga menjadi pilihan juga untuk mencopotnya.
Fitur ini juga tersedia di dalam aplikasi Security pada Xiaomi.

Selain menggunakan aplikasi, untuk clear cache juga bisa secara manual melalui pengaturan, caranya:
  • Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih Penyimpanan atau Storage
  • Kemudian ketuk Cached data
  • Pada saat muncul notifikasi Clear cached data, klik Ok dan tunggu hingga proses pembersihan selesai


Membersihkan File WhatsApp di Xiaomi Agar Memori Tidak penuh

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan biasanya jika tidak sosial media pasti aplikasi messenger. Yang paling populer saat ini adalah whatsapp. Whatsapp memiliki penyimpanan backup data otomatis sehingga jika dalam waktu lama maka history atau backup yang tersimpan semakin banyak untuk itu perlu kita hapus jika sudah tidak kita perlukan lagi seperti foto kiriman dari sendiri.

Ada beberapa file dari whatsapp yang bisa kita hapus untuk meringankan kapasitas memroi internal kita antara lain:
  • Buka file manager kemudian pilih internal memori
  • Setelah itu klik folder whatsapp
  • Jangan lupa tiga titik icon pilihan kanan atas dipilih dan seting pengaturan agar folder tersembunyi atau hidden menjadi pengaturan ditampilkan
  • Akan muncul beberapa folder di folder whatsapp tersebut
  • Pertama kita bisa membuka folder data base, dari beberapa database, kita bisa sisakan satu atau dua saja yang terbaru sehingga yang sebelum2nya terhapus karena backup ini lumayan gede ukurannya. Dengan menghapusnya bisa mengurangi memori yang terpakai.
  • Selanjutnya pada folder media, di folder Status, hapus semua foto dan video didalamnya, Itu adalah daftar foto dan video yang kita lihat pada status teman. Sehingga tak perlu kita menyimpannya. Jika ingin mengimpan video ke dalam hp bisa dengan memindahkannya ke galeri.
  • Pada folder media, juga bisa kita cek folder Thumbnail yang merupakan cover awal dari foto2 sebelum dibuka, hapus semua karena ktai tidak membutuhkan
  • Pada folder media, klik whatsapp voice dan whatsapp documen, hapus juga karena merupakan voice note atau dokumen seperti pdf atau txt yang kita kirim dan juga termasuk file yang kita terima, 
  • Setelah itu masih pada folder media. klik whatsapp photo dan pilih foto yang perlu dihapus, biasanya hanya gambar2 lucu dari grup. Hapus jika memang ktia tidak menginginkan. Juga dalam folder tersebuat adi folder Sent, buka hapus semua gambar disana
  • Termasuk pafa folder Whatsapp Video juga bisa dilakukan penghapusan seperti pada foder whatsapp foto.

Demikian cara mengatasi memori penuh di Xiaomi Redmi yang biasanya terjadi pada Redmi. Jangan lupa berkomentar jika ada cara yang lebih efektif agar bisa kita masukkan dalam pilihan cara lainnya sehingga bisa bermanfaat bagi pembaca lain. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh di Xiaomi "

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah