6 Cara Mudah Atasi Error 492 di Google PlayStore

Tips Android - Apakah Anda pernah mengalami kesalahan 492 di playstore saat memperbarui atau menginstal aplikasi android dari Google playstore? Android adalah sistem operasi paling populer untuk smartphone. Ada sejumlah besar pengguna yang menggunakan platform ini. Jadi, Anda tidak sendirian yang mengalami kesalahan play store ini. Banyak pengguna lain juga mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan 492. Dalam postingan kali ini, kita akan membahas mengenai solusi paling praktis untuk memperbaiki kesalahan android ini.

Mengatasi Error 492 Playstore ini memiliki alasan yang sebenarnya bisa dibilang tidak jelas sehingga harus mengetahui betul penyebabnya sehingga kita akan tepat dalam penanganannya. Tetapi, dalam beberapa kejadian, salah satu penyebabnya antara lain cache yang rusak, atau kapasitas memori rendah dan masalah penyimpanan yang memicu timbulnya masalah ini. Bisa dibilang yang mengalami masalah ini kebanyakan adalah smartphone dengan spesifikasi yang minim atau smartphone yang sudah lama tidak ganti sehingga secara kapasitas memori sudah tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini. Banyak pengguna smartphone atau HP Oppo, Vivo, Huawei, Xiaomi, Samsung Kelas menengah kebawah, LG, dan beberapa tipe ponsel dengan spesifikasi rendah mengaku pernah mengalami error 492 ini di playstore.

Masalah ini seperti kesalahan Error 910 Playstore ataupun tidak error tapi tidak bisa download di playstore. Tapi, jangan khawatir. Anda dapat menyingkirkan masalah ini dengan mudah dengan mencoba beberapa cara yang kali ini kita bagikan.

Cara Mengatasi Error 492 di Google PlayStore

Cara Mengatasi Error 492 di Google PlayStore

Google Play Store Error 492 dapat diperbaiki menggunakan berbagai metode yang mungkin salah satunya bisa sesuai dengan yang anda cari.Jika Anda mengalami masalah dalam memperbarui atau memasang aplikasi baru dari Google Play Store,dan muncul Error Code dengan keterangan tidak dapat diperbarui. Ulangi sekali lagi dan jika masalah berlanjut, pergi ke pusat bantuan, maka ada beberapa cara yang bisa anda coba dahulu, antara lain:

Mengatasi aplikasi tidak dapat memperbarui di playstore


1: Bersihkan Cache dan Data

Ketika Anda menemukan kesalahan di Play Store saat memperbarui atau menginstal aplikasi apa pun, Anda harus menghapus cache dan datanya. Terkadang, ini dapat memperbaiki kesalahan play store 492 atau masalah serupa. Cara menghapus cache dan data:
  • Buka menu Pengaturan> Aplikasi / Aplikasi.
  • Cari aplikasi Google Play store. Lalu, Ketuk pada Force Stop, Clear Cache dan Clear Data. 
  • Jika Anda tidak melihat opsi cache atau data yang jelas, ketuk Penyimpanan.
Omong-omong, Lakukan hal yang sama untuk Google Play Services dan Google Services Framework. Jika Anda mencoba memperbarui aplikasi, Anda harus menghentikan paksa, menghapus cache dan data untuk aplikasi itu juga.

Jika cache dan data yang rusak adalah masalahnya, maka masalah kesalahan error 492 tidak akan muncul lagi


2: Instal ulang Aplikasi.

Jika anda sudah tahu bahwa masalahnya muncul ketika anda mencoba menginstal atau memperbarui aplikasi dari play store. perlu dicoba untuk melakukan penghapusan instalan yang akan anda perbarui dan menginstalnya kembali. Semoga ini memperbaiki kesalahan 492.


3: Hapus Instalasi Pembaruan Play Store

Setiap pembaruan disertai dengan berbagai peningkatan dan perbaikan kesalahan. Tapi, terkadang itu kadang bagi beberapa orang menjadikan sebuah masalah, seperti halnya error code sejenis ini. Jika Anda mulai mengalami kesalahan Android segera setelah pembaruan terbaru Google Play Store, Anda harus menghapus instalan pembaruan itu. Ini dapat memperbaiki kesalahan 492 atau masalah serupa. Caranya:
  • Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store.
  • Setelah ketemu playstore, klik tiga titik di atas atau opsi “Copot pemasangan pembaruan” dan ketuk di atasnya. Jika Anda tidak melihatnya, ketuk tiga ikon titik vertikal.

Sekarang, Restart ponsel Anda dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.


4: Tambah akun Google atau buat baru

Yang ini adalah cara terbaik untuk menyingkirkan masalah ini. Untuk menghapus dan menambahkan kembali akun Google, ikuti instruksi ini.
  • Buka Pengaturan> Akun> Google. Ponsel yang berbeda mungkin memiliki cara yang berbeda untuk menuju ke sana. Anda harus mengetahuinya.
  •  Hapus akun google Anda dan restart ponsel Anda.
  • Setelah itu, Tambahkan akun google lagi yang sudah anda buat atau bisa juga langsung buat baru.

Sekarang, Coba instal atau perbarui aplikasi yang bermasalah. Ini dapat memperbaiki kesalahan 492 di play store yang anda alami.


5: Bersihkan Cache Dalvik

Bagi HP yang sudah diroot atau  yang memiliki akses root dapat mencoba metode ini
Caranya Unduh dan instal browser root di ponsel Anda.Dengan browser itu, Arahkan ke / data / Dalvik cache dan hapus semuanya dari folder itu. Mulai ulang ponsel Anda dan lihat kesalahannya sudah diperbaiki.


6: Memformat Kartu SD

Jika kesalahan terjadi untuk aplikasi yang diinstal pada Kartu SD, Anda dapat mempertimbangkan memformatnya. Tapi, Sebelum itu, Anda harus Cadangkan data berharga Anda. Setelah itu, Unduh dan instal aplikasi lagi. Saya harap ini akan memperbaiki kesalahan 492 di play store sambil memperbarui aplikasi.

Ini adalah solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini. Tetapi, jika ini gagal, Anda dapat melakukan beberapa hal lain. Dalam hal ini, Anda memiliki akses root; Anda dapat menginstal aplikasi yang disebut "Cache Fixer."

Demikian pembahasan mengenai kode error 942 atau tidak bisa download, yang bisa anda coba ketika mengalami kasus ini. Jangan ragu untuk berkomentar jika ada saran dan pertanyaan, juka ketika ada cara yang lebih efektif agar bisa diketahui oleh pembaca lainnya. Salam


Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mudah Atasi Error 492 di Google PlayStore"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah