Begini Cara Mengatasi HP Androidmu Restart Sendiri Berulang-ulang

Mengatasi Android Restart - Pernahkah anda mengalami Android restart sendiri terus menerus? Tentunya kalian tak asing lagi mendengar kata smartphone apalagi tentang android. Tak disangka-sangka perkembangan jaman saat ini sungguh luar biasa. Teknologi jaman sekarang sudah sangat canggih, dapat dilihat sekarang ini ponsel-ponsel banyak berdatangan dengan fitur yang bermacam-macam. Tak jarang masyarakat yang menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Menurut mereka pada era ini smartphone sangat penting bagi hidupnya, karena jika tidak ada smartphone ini komunikasi pun tidak bisa berjalan dengan baik.perlu diketahui juga smartphone android terus melakukan inovasi yang sangat pesat perkembanganya, dan para penggunanya pun banyak di seluruh dunia ini. Semakin hari semakin canggih dan sempurna dari para produsen seperti ponsel smartphone nyaris sempurna, akan tetapi anda sebagai pengguna android pasti saja pernah merasakan smartphone anda tiba-tiba mengalami restart bukan? kenapa bisa terjadi seperti ini? mungkin saja smartphone anda terdapat virus atau malware.


Android yang restart Sendiri ini kini Virus atau malware yang terdapat pada smartphone ini dapat berakibat buruk, karena smartphone anda akan terus menerus mengalami restart dan bahkan sampai mengalami bootloop. Selain itu kinerja ponsel akan menjadi lamban, hal ini diakibatkan karena sampah cache yang penuh. Lalu bagaimana untuk mengatasi hp android yang restart sendiri akibat dari virus-virus nakal tersebut? Untuk itu sebelum kita mengetahui informasi bagaimana cara untuk mengatasnya, kita harus mengetahui bagaimana cara agar virus-virus nakal tersebut tidak datang menyerang. Berikut ini agar smartphone anda terhindar dari virus:

  • Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pengapusan secara berkala pada sampah cache setiap menggunakan ponsel.
  • Jangan sering menggunakan bluetooth dengan ponsel lain atau mengunduh aplikasi melalui browser.

Akibat dari adanya virus-virus tersebut, kebanyakan para pengguna android akan melakukan Reset pada ponselnya atau menginstall aplikasi anti virus untuk mengatasi virus-virus yang nakal tersebut. berikut cara mengatasi hp android yang sering restart sendiri akibat virus:
 

 Cara Mengatasi HP Androidmu Restart Sendiri Berulang-ulang

 

Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri Berulang-ulang

 1. Uninstall Aplikasi Mencurigakan
Salah satu pengaruh yang menyebabkan masalah ini seperti yang dibahas sebelumnya yaitu ada beberapa aplikasi yang tidak compatible. Maka dari itu hapus atau copot aplikasi yang tidak compatible. Bagaimana mengetahuinya? nah, kita bisa menganalisa kapan terjadinya masalah ini. Jika hp restart sendiri setelah belum lama menginstall aplikasi baru, kemungkinan besar aplikasi tersebut yang menjadi faktor munculnya masalah ini. Segera hapus aplikasi yang bermasalah tersebut. Jika tidak ada aplikasi yang diinstall sebelumnya, kemungkinan masalah yang ada di hp anda bukan ini.



2. Unroot Smartphone
Jika smartphone anda pernah dilakukan Root, dan setelah beberapa lama muncul masalah ini, ada kemungkinan sistem yang rusak karena jika smartphone yang sudah diRoot lebih rentan rusak. Ada baiknya lakukan Unroot. Untuk melakukan unroot bisa dengan aplikasi SuperSU atau ES File Explorer.



3. Upgrade Sistem
Beberapa tipe smartphone mengharuskan untuk mengupgrade versi android ke versi lebih tinggi untuk menjalankan aplikasi yang ada. Cobalah untuk melakukan upgrade setingkat lebih tinggi dari android versi yang anda miliki saat ini. Jangan mengupgrade versi yang terlalu tinggi jika kapasitas smartphone tidak mencukupi. Anda bisa mencari informasi mengenai tipe ponsel anda dan bisa diupgrade ke versi android apa saja.



4. Bersihkan Sampah History
History penggunaan atau cache yang terlalu banyak selain memakan banyak memori juga memakan kinerja yang berat. Beberapa merk ponsel sudah memliki aplikasi untuk membersihkan cache seperti Samsung yang sudah menyediakan smart manager untuk menghapus semua cache yang ada. Jika smartphone anda tidak memiliki aplikasi khusus untuk membersihkan cache anda bisa menuju ke Pengaturan>> Manager aplikasi>> dan pilih aplikasi yang sering kita gunakan, buka dan klik tombol Hapus Cache. Lakukan hal yang sama untuk beberapa aplikasi yang sering ktia gunakan karena biasanya semakin sering ktia gunakan semakin banyak cache yang menumpuk.

 

5. Factory Reset
Untuk metode kali ini kami menggunakan factory reset, adapaun caranya Anda bisa lihat dengan sebagai berikut ini:

  • Sebelum kita mengetahui langkah-langkahnya, terlebih dahulu kita harus memeriksa baterai dan pastikan baterai smartphone anda ada 70%, karena untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan matikan smartphone android milik anda.
  • Langkah selanjutnya yaitu menekan dan juga tahan tombol  HOME + Volume Up + Power dengan bersamaan.
  • Kemudian pilih Volume Up untuk dipakai dalam memilih menu “Factory reset atau juga wipe data”. 
  • Setelah itu silahkan tekan tombol Home untuk mengawali melakukan proses reset. Kemudian tunggu sebentar saja hingga prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, lalu pilih kembali menu Reboot System Now.
  • Dan selesai, Anda sudah berhasil mengatasi ini.

 

Atau dapat pula dengan cara berikut ini :

  • Pertama, buka menu setting atau pengaturan pada hp android anda.
  • Kemudian cari menu backup and reset dan klik factory data reset. Centang yang dianggap benar dan klik reset device.
  • Tunggu prosesnya beberapa menit hingga selesai.
  • Setelah selesai, android akan merestart sendiri. 

 

6. Ganti System
Kemungkinan ada system yang crash sehingga jalan terakhir adalah dengan menimpa system android yang baru. Caranya dengan melakukan penghapusan system baru atau kosongi kemudian isi kembali dengan master android yang baru. Cara ini harus dilakukan oleh teknisi ponsel yang berpengalaman karena membutuhkan file master dan keahlian khusus.


Itulah beberapa langkah guna mengatasi android yang sering restart sendiri. Jika ada yang ingin bertanya jangan ragu tinggalkan komentar dan pertanyaan atau ingin menambahkan agar bisa bermanfaat bagi pembaca lain setelah anda. Salam

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Mengatasi HP Androidmu Restart Sendiri Berulang-ulang"

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga:

Daftar HP 4G murah TerbaruCara Membuat Game Android
Daftar HP Android dibawah 1 jutaDaftar Hp samsung Termurah